Desain Base Town Hall 11 Terbaik Dan Terbaru Clash Of Clans

Susunan Pertahanan Terbaik dan Terkuat Base TH 11 di Clash Of Clans

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid, Trophy dan War TH 11 Terbaru

Susunan formasi pertahanan terbaik base TH 11 COC bukan formasi Village yang asal-asalan. Base terbesar dengan pertahanan terkuat di COC (saat ini) memang sulit untuk diserang tapi bukan hal yang tidak mungkin mereka dapat menembus pertahanan TH 11 anda untuk mencuri harta, Trophy maupun dalam serangan War sebab Supercell selalu update troops terbaru setelah melakukan pertimbangan dari hasil uji coba.

Mendesain Base TH 11 sendiri memang agak rumit dan cukup menguras pemikiran sebab begitu banyak building item pada Village terkuat yang satu ini, belum lagi mengatur bagaimana caranya untuk memanfaatkan jumlah Wall yang harus dikombinasikan bersama building item. Itu sebabnya mayoritas orang menggunakan alternatif dengan mencari desain base yang tepat di internet untuk kemudahan dan mempercepat pembuatan base.
Rekomendasi Artikel:

Disini saya telah menyediakan 3 jenis base terbaik TH 11 baik untuk Hybrid, Trophy dan untuk pertahanan War, anda hanya perlu memilih dari ke-tiga jenis base ini.

Update: Kami telah menambahkan beberapa base terbaru bersama Bomb Tower yang bisa anda temukan di akhir artikel ini. Susunan Base ini telah dikalkulasikan untuk mengurangi persentase kekalahan, dan telah di uji dengan pertarungan level yang setara dengan Defence setidaknya 100%.

Hybrid Base
Hybrid Base Type 1

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 1
Desain memposisikan 4 Wizard Tower pada pusat base mengelilingi Town Hall bersama dengan Inferno Tower dan Hidden Teslah membuat mereka sangat baik melindungi Town Hall. Tampungan sumberdaya berada terpisah pada kolom kedua area base. 4 X-Bow berada dekat dengan Air Defence membuat mereka terlindung oleh tampungan sumber daya. Kelemahannya terletak pada Castle yang berada dekat dengan sisi dinding bagian luar. Ini mungkin akan memudahkan musuh memancing pasukan Castle anda keluar.

Hybrid Base Type 2

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 2
Base ini mungkin mengutamakan Dark Elixir yang ditempatkan di tengah bersama Eagle Artillery. X-Bow dan tampungan sumber daya juga ditempatkan terpisah membuat sumber daya anda cukup aman dari serangan musuh. Posisi Air Defense sedikit berdekatan untuk benar-benar mengamankan base anda dari unit udara. Kelebihan lainnya dengan memanfaatkan tambang anda sebagai perisai musuh yang masuk. Strategi ini cukup menghambat mereka yang harus menghancurkan tambang anda lebih lama. Hanya 9 bangunan tersisa yang berada di luar base termasuk Builder Hut.

Hybrid Base Type 3

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 3
Base ini juga sangat baik, membuat musuh sulit mencapai pusat base tanpa bantuan Jump Spell. Eagle Artillery juga dilindungi oleh 1 X-Bow dan tampungan sumber daya. 2 Hero yaitu Archer Queen dan Grand Warden juga mengambil peranan penting untuk melindungi Eagle Artillery dan Town Hall. Formasi ini akan membuat musuh sangat kesulitan mencapai Town Hall sekaligus mendapatkan 2 binatng untuk level yang setara. Dengan base seperti ini kemungkinan besar musuh akan masuk dari bagian atas untuk mnggapai Eagle Artillery anda sekaligus mengambil 4 tampungan sumber daya, namun merupakan kesalahan ketika mereka melewati Eagle Artillery karena telah dipersiapkan 4 Bomb Giant untuk musuh yang masuk.

Hybrid Base Type 4

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 4
Base ini sengaja dibuat melebar dan ada seperti pintu masuk dibagian bawah. Kesalah terbesar musuh bila mereka tidak menyadari dan masih akan mencoba masuk dari bawah. Strategi ini bertujuan untuk melindungi Town Hall sementara penampung sumber daya anda tetap aman yang dilindungi oleh bangunan utama yaitu Eagle Artillery dan Inferno Tower. Jika musuh melakukan kesalahan, pasukan mereka tidak akan fokus ke tengah melainkan hanya akan memutari bagian base saja. Musuh akan sulit menerima kenyataan bahwa strategi mereka telah kalah. Selain itu, base ini juga bagus dipandang mata, namun tetap menjaga tingkat pertahanan tinggi.

Hybrid Base Type 5

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 5
Base ini tampaknya terlihat sedikit lebih kecil namun telah di desain sedemikian rupa untuk benar-benar memanfatkan ranjau terutama Spring Traps. Serangan mungkin akan datang dari bagian atas base anda namun telah dipersenjatai dengan 4 Archer Tower dan 2 Mortar di kolom pertama, 1 Wizard Tower dan 2 X-Bow di kolom kedua juga ada Clan Castle dibelakang mereka yang sangat baik untuk membantu pertahanan. Jangan takut bila musuh mulai masuk dan mendekati Dark Elixir anda karena mereka akan disambut dengan Eagle Artillery. Sesungguhnya dalam base ini lebih mengutamakan Town Hall dan meskipun musuh berhasil menghancurkannya, mereka akan sangat kesulitan masuk ke area pusat base.

Hybrid Base Type 6

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 6
Base ini didesain saangat lebar dengan 4 penampung sumber daya dikumpul berdekatan pada pusat base. Jika musuh masuk melalui area bagian bawah, sebagian besar unit pasukan mereka tidak akan menuju ke pusat base, sebagian besar dari mereka akan berjalan melalui sisi base. Ini memungkinkan bangunan pertahanan pusat anda akan fokus melenyapkan unit yang berhasil masuk ke tengah. Tidak perlu meragukan base ini karna ini akan benar-benar membuat Town Hall dan Penampung anda terlindungi. X-Bow saya tempatkan berpasangan dipisah menjadi dua bagian. Anda dapat merubahnya untuk membuat mereka terpisah satu sama lain.

Hybrid Base Type 7

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 7
Saya namakan ini base super. Formasi dari bangunan pertahanan membuatnya sangat baik untuk bertahan. Mengelilingi Town Hall dengan tampungan sumber daya yang sangat keras dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dihancurkan. Castle juga ditempatkan ditengah yang memungkinkan musuh sulit menggapainya. Pastikan anda meminta pasukan yang memiliki jarak tembak agar musuh berusaha menghancurkan dinding pertahanan. Anda tidak perlu merubah lagi bagian dari desain ini, strategi bertahan ini sudah sangat baik menangkis serangan lawan.

Hybrid Base Type 8

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 8
Desain ini memiliki pintu dibagian bawah base. Jika musuh mencoba masuk dari bagian ini maka mereka akan berhadapan dengan Eagle Artillery meskipun secara tidak langsung namun kemampuan attack Eagle Artillery dari jangkauan yang sangat luas membuat bangunan pertahanan ini menjadi pertahanan  utama di base ini. Untuk tampungan sumber daya saya letakan pada bagian tengah dengan sedikit dipisah. Bangunan Gold dan Elixir ini akan melindungi Eagle Artillery, Dark Elixir, Castle, Inferno dan yang paling utama adalah Town Hall anda. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan musuh untuk mencoba masuk ke pusat base anda.

Hybrid Base Type 9

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 9
Clan Castle di tempatkan di tengah atau tepat pada pusat base yang sangat menyulitkan musuh untuk memancing pasukan Castle anda. Saya sengaja meletakan Dark Elixir di sisi dekat dengan dinding bagian luar base untuk memancing lawan. Namun ketika mereka mencoba masuk dan mendekat kebagian tengah, pasukan castle anda akan mengambil banyak hitpoint musuh sementara mereka tetap berlindung dibalik bangunan pertahanan anda. Anda dapat memindahkan Dark Elixir di tempat lain jika memang anda tidak menginginkannya disitu. Air Defense berdiri cukup rapat yang membuat mereka manjadi sangat efektif untuk melawan unit udara musuh.

Hybrid Base Type 10

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 10
Strategi untuk base ini adalah untuk membuat pasukan musuh mengelilngi sisi base bukannya fokus ke arah pusat. Meskipun ada sebagian pasukan yang menuju ke pusat, mereka akan cepat dimusnahkan. Mereka akan lebih lama menuju dekat dengan Town Hall Anda sebab dikelilingi oleh tampungan suber daya Gold dan Elixir yang tentu saja sangat keras untuk dihancurkan. X-Bow diletakan terpisah yang embuatnya sangat mungkin menjadi lebih aman dari serangan musuh. X-Bow dan Wizard Tower bertugas melindungi Archer Tower, Cannon, Mortar dan Air Defense. Susunan bangunan pertahanan ini akan saling mendukung. Mungkin lawan akan capat menghancurkan sisi base anda tapi mereka akan sangat sulit menembus pusat base anda.

Hybrid Base Type 11

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 11
Base ini tergolong melebar, membuat 2 lapisan dinding pada bagian tengah atas untuk sedikit memberikan perlindungan pada Eagle Artillery anda. Saya cenderung menaruh tampungan Gold, Elixir, Dark Elixir dan Town Hall di tengah sebab base ini hanya memiliki satu kolom di bagian sisi. Ini memungkinkan pasukan musuh mengelilingi sisi base meskipun menggunakan Jump Spell. Hidden Tesla bertugas melindungi Town Hall dan berlindung di belakang 2 penyimpanan sumber daya. Inferno juga turut membantu serangan denga meletakannya di samping Town Hall. Jarak antara Inferno Tower juga akan terbebas dari Freeze Spell.

Hybrid Base Type 12

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 12
Desain base ini juga tergolong kuat dan sangat penting untuk membangun pertahanan yang benar-benar kuat. Tampilan base ini jika dilihat memiliki banyak petak kosong pada area base yang akan membuat musuh sulit mendeteksi di mana lokasi ranjau. Castle pun diposisikan di tengah yang membuatnya sulit untuk dipancing keluar. Mereka harus benar-benar menyerang dengan kekuatan penuh untuk mengeluarkan pasukan bantuan anda dari Castle. Kelemahan base ini terletak pada penyimpanan sumber daya anda yang mungkin akan sedikit mudah untuk dirampas namun jangan khawatirkan Town Hall anda. Pastinya untuk strategi ini, musuh akan berputar mengelilingi sisi base anda sementara bangunan pertahanan anda akan terus menyerang mereka.

Hybrid Base Type 13

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 13
Untuk desain base ini, saya menempatkan 2 X-Bow, 2 Inferno Tower, Eagle Artillery dan kedua Air Sweper berada di pusat untuk memperkuat pertahanan. Kekempat jenis bangunan ini terlindung dengan penampungan sumber daya. Ini juga akan mempersulit musuh yang mencoba mendekat. Air Defense diletakan terpisah namun sedikit berekatan, sangat efektif untuk menghancurkan unit udara musuh. Bangunan pertahanan udara ini juga dilindungi ketat oleh Air Bomb dan Air Mine. Lava Hound dengan level tinggipun akan sangat mudah dilenyapkan apalagi bersama bantuan Archer Queen. Formasi ini adalah langkah yang tepat untuk memperkuat pertahanan.

Hybrid Base Type 14

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 14
Susunan Base ini memiliki tiga kolom dihitung dari bagian sisi termasuk musat dimana Town Hall ditempatkan. Town Hall, Castle, tampungan Dark Elixir dan Eagle Artillery berada di satu area sedangkan untuk Inferno tidak ditempatkan bersama mereka. Tentu saja ini bukan susunan base yang lemah. Lawan akan sulit mengambil sumberdaya anda dalam jumlah besar apalagi untuk mendekati Town Hall. Kombinasi pasukan yang lemah dari musuh tidak akan mendapatkan 1 bintang dari strategi pertahanan ini. Ini bisa juga disebut dengan base formasi 4 Mortar, dimana mereka ditempatkan dibagian pinggir secara terpisah yang akan membuat mereka fokus terhadap unit pendukung musuh.

Hybrid Base Type 15

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 15
Dengan desain simetris, base ini penuh dengan kejutan. Musuh akan masuk melalui sudut bagian atas base, mereka akan berpikir disitulah pintu masuk yang paling baik namun mereka tidak akan menyadari hal buruknya. 4 Bomb Giant ditempatkan didepan Town Hall, Town Hall anda akan mudah memancing musuh untuk mendekatinya. Ketika diuji coba, paling tinggi musuh hanya dapat menghancurkan Town Hall namun tidk akan sempat mengambil sumber daya lainnya. Pasukan musuh akan sangat cepat terkuras hitpoinnya jika mereka mendekat. Bomb Giant akan merampas hitpoint mereka hingga menjadi sangat lemah sementara bangunan pertahanan anda terutama X-bow dan Eagle Artillery akan mempercepat kematian mereka.

Hybrid Base Type 16

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 16
Jenis base yang sering dipakai pada Master, Champion dan Titan league. Base ini akan membuat pasukan musuh mengelilingi base dan tidak akan fokus menuju ke tengah / pusat. Penampung sumberdaya (Gold dan Elixir) ditempatkan di sudut lapisan dinding bagian tengah, ini akan melindungi X-Bow. Hidden Tesla, Eagle Artillery dan Castle juga berada pada bagian tengah. Bangunan pertahanan ini akan didukung oleh Inferno Tower. Kelemahan utama base ini adalah ketika menghadapi unit udara sebab Air Defense dan Air Sweeper berada dekat dengan sisi dinding bagian luar. Ini akan memungkinkan musuh dengan mudah menghancurkan bangunan pertahanan udara anda. Tapi untuk Town Hall yang tinggi, pemain sudah sangat jarang memakai unit udara sebagai strategi inti.

Hybrid Base Type 17

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 17
Base ini begitu padat. Bangunan pertahanan jika dipasangkan berdekatan akan dengan cepat melenyapkan pasukan musuh, namun biasanya lemah terhadap serangan Hog Rider, tapi tidak untuk menghadapi Inferno Tower! Kunci suksesnya serangan Hog Rider jika dipasangkan dengan Healling Spell, namun kemampuan penyembuh baik yang keluar dari Troops atau dari mantra tidak akan berpengaruh dari serangan Inferno Tower yang memiliki kemampuan memblokir kemampuan penyembuhan. Castle diposisikan ditengah memungkinan musuh sulit untuk memancing keluar pasukan Castle anda kecuali jika mereka ingin menghabiskan perlahan pasukan mereka hanya untuk memancing pasukan Castle anda.

Hybrid Base Type 18

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 18
Pasukan perisai seperti Golem, PEKKA dan Giant akan kesulitan menuju ke tengah. Base ini seperti membuat trowongan pendek yang telah dipasangi perangkap. Perangkap memang ditempatkan terpisah jadi hanya menimbulkan efek yang lebih kecil. Namun, itu cukup untuk mengurangi hitpoint pasukan musuh selanjutnya kekuatan serang dari X-Bow dan Mortar menjadi kunci dalam strategi pertahanan ini. Penampung Dark Elixir akan sangat aman berada di tengah dan dijaga ketat oleh Inferno Tower dan pasukan Castle anda.

Hybrid Base Type 19

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 19
Base menakjubkan yang pernah ada untuk Town Hall 11 clash of clans. Susunan base ini mencoba merayu musuh untuk masuk dari bagian atas menuju langsung untuk menargetkan Town Hall. Strategi utama untuk membuat pasukan musuh memutari area dan jika itu gagal, Bomb Giant akan mengatasi masalah jika pasukan musuh berhasil masuk didepan Town Hall anda. Dukungan pertahanan dari X-Bow dan Inferno Tower sangat berpengaruh untuk membantu melenyapkan pasukan musuh. Susunannya seperti ini, jika musuh masuk dari bagian atas base yang paling dekat dengan Town Hall, kemungkinan besar pasukan mereka akan memutari base, jika mereka dapat masuk menuju ke pusat base karna dipicu oleh Hidden Tesla atau jika musuh menggunakan mantra penghancur dinding mereka akan berhadapan dengan Bomb Giant, butuh waktu lama untuk pasukan pendukung musuh menghancurkan 2 penampung sumber daya dan Town Hall anda, sementara pasukan yang hanya menargetkan bangunan defensif akan terus bergerak maju yang nantinya akan dilemahkan dengan Bomb Giant, selanjutnya ke 4 X-Bow ditambah dengan kekuatan dari Inferno Tower dan Eagle Artillery akan melenyapkan mereka dengan cepat.

Hybrid Base Type 20

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 20
Tampaknya banyak pemain lebih memanfaatkan base yang lebar. Dalam jenis pertahanan ini, saya meletakan bangunan inti berada di pusat atau barisan terdalam dinding. Dari masing-masing sisi dilindungi oleh penampung sumber daya Gold dan Elixir dan di antara penampung ada 1 Wizard Tower yang akan mengatasi unit hitpoint rendah dan sedang dengan kerusakan arenanya. Dominan pemain akan menyerang melalui dua sisi untuk mengarahkan pasukannya ke tengah, ini akan sangat mudah diatasi dengan susunan pertahanan ini. Untuk penampung Dark Elixir diposisikan di bagian tengah untuk mengamankannya dari pencurian. Eagle Artilleryjuga berada di tengah yang membuatnya dapat menjangkau semua pasukan musuh namun sebaliknya musuh akan sulit menghancurkannya.

Hybrid Base Type 21

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 21
Ini mungkin dapat menjadi pilihan base untuk anda, dengan susunan bangunan pertahanan yang kuat, base ini memposisikan 3 Wizard Tower pada bagian bawah dan 2 lainnya di bagian atas, Bomb Giant juga menjadi bagian yang penting untuk setiap serangan. Ketika musuh mencoba masuk melalui sisi bagian bawah maka merekapun akan sangat sulit menembus pertahanan anda. Biasanya pemain akan mengutamakan Eagle Artillery sebagai target utama sebab kemampuan splash areanya sangat baik mengambil gerombolan pasukan juga memiliki jarak tembak yang sangat luas. X-Bow ditempatkan di area terpisah yang masing-masing untuk mengamankan bagian atas, bawah, kiri, dan kanan base. Tidak ada kesempatan besar untuk musuh memenangkan pertarungan ketika mereka menyerang. Kelemahan pertahanan ini mungkin akan membuat penampung Dark Elixir anda rentan dicuri.

Hybrid Base Type 22

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 22
Base ini terbilang unik dan musuh juga akan kesulitan menghadapi bangunan pertahanan anda. Penampung sumber daya Gold dan Elixir diletakan terpisah. Anda dapat memindahkan posisi penampung Dark Elixir di tempat yang lebih aman, misalnya untuk digantikan dengan Castle atau salah satu Hero anda. Town Hall dijaga ketat oleh Inferno Tower, Air Defense juga diletakan pada tempat yang sangat strategis. Hal ini sangat membuat musuh kembali berpikir dari mana mereka akan memulai serangan. Jika mereka masuk dari bagian sudut maka akan jelas terlihat mereka tidak akan sampai ke area Town Hall anda, dan akan lebih buruk lagi jika mereka mencoba membagi serangan untuk masuk melalui 2 jalur berbeda.

Hybrid Base Type 23

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 23
Jika ingin sukses menjaga Town Hall beserta tampungan sumber daya anda maka base ini dapat menjadi pilihan bijak. Pertahanan ini juga sangat efektif untuk unit udara seperti Lava Hound dan Dragon sebab penempatan Air Defense yang strategis dapat menumpas mereka semua dengan cepat. Eagle Artillery di letakan bersampingan dengan Town Hall, membuatnya benar-benar aman dari setiap serangan musuh. Langkah ini dapat menjadi maskot yang besar yang memberikan keamanan tingkat tinggi. Dari mana musuh akan mulai menyerang? Dari manapun mereka masuk, akan sangat menyulitkan mereka menembus pertahanan anda. Beberapa bangunan pertahanan seperti Wizard Tower di tempatkan di luar dinding untuk menetralkan setiap serangan yang datang.

Hybrid Base Type 24

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 24
Kesulitan menjaga penampung Dark elixir anda bukanlah satu-satunya pilihan. Gunakan base ini untuk benar-benar mengamankannya dari pencurian. Jika musuh mencoba masuk dari area yang paling dekat dengan Town Hall anda maka mereka akan mendapatkan masalah. Mereka akan masuk melalui jalur dimana pasukan yang hanya dapat menargetkan bangunan pertahanan akan meninggalkan unit pendukungnya. Di kesempatan inilah yang menjadi langkah terbaik anda. Bangunan pertahanan anda akan menghabisi unit perisai sebelum pasukan pendukung mulai masuk menyerbu base anda.

Hybrid Base Type 25

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 25
Banyak pemain mengalami kesulitan ketika berada di liga yang lebih tinggi. Sangat rentan mengalami masalah pertahanan tapi tidak setelah mereka menggunakan base ini. Lihat bagaimana penampung sumber daya anda melindungi Town Hall dan Eagle Artillery anda. Inferno Tower bersama Hidden Tesla juga dapat membantu pertahanan dengan menyerang musuh dari dalam. Ini akan membuat kombinasi pertahanan yang sangat kuat dan efektif. Base ini cukup untuk membuat anda kagum dengan pertahanannya yang sangat baik. Anda dapat merubah sedikit posisi dengan tetap memperhatikan tingkat pertahanannya.

Hybrid Base Type 26

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 26
Melindungi penampung Dark Elixir anda bukanla perkara yang sulit dengan desai base ini, lihatlah bagaimana penempatan posisi Town Hall dan Eagle Artillery juga dikelilingi oleh X-Bow. Inferno Tower jelas-jelas juga akan mengambil bagian penting untuk desain ini. Peran mereka yang sangat baik dari kerjasama di tiap-tiap bangunan pertahanan. Formasi ini memberikan anda kesempatan besar untuk membangun pertahanan yang sangat kokoh. Semua Hero dan Castle juga diposisikan di tengah yang membuat kombinasi defense ini akan saling mendukung terutama untuk membantu Cannon, Mortar dan Wizard Tower. Grand Warden ditempatkan berdampingan dengan Archer Queen, ini memungkinkan mereka melindungi markas dari unit udara untuk membantu Air Defense.

Hybrid Base Type 27

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 27
Kemampuan dari desai ini tidak perlu diragukan. Desai base ini mengumpulkan penampung sumber daya anda berada di tengah, selain untuk melindunginya, bangunan penampung harta ini dibuat khusus untuk menangkis serangan yang menuju ke bagian pusat dari base, strategi susunan defense ini juga dapat mengunci pemain yang mencoba menyerang base anda. Pertahanan dari bangunan sumber daya ini sungguh keras, bangunan ini dapat menyerap atau menahan banyak hits dari serangan lawan, mereka melingkar dan benar-benar melindungi Eagle Artillery, penampung Dark Elixir, Town Hall dan juga Castle. Air Sweper juga sangat aman ditempatkan di tengah dan mereka sangat signifikan untuk menangkis serangan udara.

Hybrid Base Type 28

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 28
Jangan heran dengan yang anda lihat, bangunan sumber daya bertugas sebagai pertahanan dari Eagle Artillery dan Town Hall yang sangat penting untuk dipertahanankan. Menurut anda bagaimana musuh akan menyerang? jika serangan di mulai dari bawah base dekat dengan Laboratory anda akan di jaga ketat dengan pasukan dalam Clan Castle, Eagle Artillery dan 4 X-Bow yang terpisah namun saling menjangkau. Bila mereka mulai menyerbu base anda dari atas maka saya jamin mereka tidak dapat mencapai Town Hall anda. Inferno Tower diletakan di bagian pinggir untuk memancing musuh, biasanya mereka akan tergoda dengan itu. Namun tidak menyadari perangkap dalam strategi ini, mereka akan sangat sulit menuju ke tengah base anda.

Hybrid Base Type 29

Susunan pertahanan base hybrid TH 11 terbaik dan terbaru 29
Town Hall, Eagle Artillery penampung Dark Elixir, Inferno Tower, Castle dan 2 Hero Archer Queen bersama Barbarian King akan membuat segalanya menjadi sangat baik. Mereka akan fokus mempertahankan bagian tengah base anda sementara itu mereka tetap mendukung X-Bow dan selanjutnya X-Bow juga akan memberikan perlawanan yang penting untuk mendukung Cannon, Mortar, Archer Tower dan bangunan pertahanan lain. Jangan pernah meragukan desain ini, ini adalah strategi yang efektif untuk menangkis setiap serangan yang masuk. Dengan strategi ini, musuh akan berpikir kembali sebelum benar-benar memutuskan untuk meletakan troops mereka.

Trophy Base
Base Trophy Type 1

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 1
Desain memposisikan 4 Wizard Tower pada pusat base mengelilingi Town Hall bersama dengan Inferno Tower dan Hidden Teslah membuat mereka sangat baik melindungi Town Hall. Tampungan sumberdaya berada terpisah pada kolom kedua area base. 4 X-Bow berada dekat dengan Air Defence membuat mereka terlindung oleh tampungan sumber daya. Kelemahannya terletak pada Castle yang berada dekat dengan sisi dinding bagian luar. Ini mungkin akan memudahkan musuh memancing pasukan Castle anda keluar. Dapatkan kemenangan dengan desain ini.

Base Trophy Type 2

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 2
Base ini mungkin mengutamakan Dark Elixir yang ditempatkan di tengah bersama Eagle Artillery. X-Bow dan tampungan sumber daya juga ditempatkan terpisah membuat sumber daya anda cukup aman dari serangan musuh. Posisi Air Defense sedikit berdekatan untuk benar-benar mengamankan base anda dari unit udara. Kelebihan lainnya dengan memanfaatkan tambang anda sebagai perisai musuh yang masuk. Ini akan sangat mengagumkan. Strategi ini cukup menghambat mereka yang harus menghancurkan tambang anda lebih lama. Hanya 9 bangunan tersisa yang berada di luar base termasuk Builder Hut.

Base Trophy Type 3

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 3
Base ini juga sangat baik, membuat musuh sulit mencapai pusat base tanpa bantuan Jump Spell. Eagle Artillery juga dilindungi oleh 1 X-Bow dan tampungan sumber daya. 2 Hero yaitu Archer Queen dan Grand Warden juga mengambil peranan penting untuk melindungi Eagle Artillery dan Town Hall. Formasi ini akan membuat musuh sangat kesulitan mencapai Town Hall sekaligus mendapatkan 2 binatng untuk level yang setara. Dengan base seperti ini kemungkinan besar musuh akan masuk dari bagian atas untuk mnggapai Eagle Artillery anda juga sekaligus mengambil 4 tampungan sumber daya, namun merupakan kesalahan ketika mereka melewati Eagle Artillery karena telah dipersiapkan 4 Bomb Giant untuk musuh yang masuk. Ini akan sangat berguna untuk pertahanan anda.

Base Trophy Type 4

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 4
Base ini sengaja dibuat melebar dan ada seperti pintu masuk dibagian bawah. Antidak akan pernah membuat kesalahan dengan desain ini. Kesalah terbesar musuh bila mereka tidak menyadari dan masih akan mencoba masuk dari bawah. Strategi ini bertujuan untuk melindungi Town Hall sementara penampung sumber daya anda tetap aman yang dilindungi oleh bangunan utama yaitu Eagle Artillery dan Inferno Tower. Jika musuh melakukan kesalahan, pasukan mereka tidak akan fokus ke tengah melainkan hanya akan memutari bagian base saja. Musuh akan sulit menerima kenyataan bahwa strategi mereka telah kalah. Selain itu, base ini juga bagus dipandang mata, namun tetap menjaga tingkat pertahanan tinggi. Silahkan bawa kemenangan anda.

Base Trophy Type 5

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 5
Base ini seperti terlihat sedikit lebih kecil namun telah di desain sedemikian rupa untuk benar-benar menggunakan ranjau terutama Spring Traps. Serangan mungkin akan datang mulai pada bagian atas base anda namun telah dipersenjatai dengan 4 Archer Tower dan 2 Mortar di kolom pertama, 1 Wizard Tower dan 2 X-Bow di kolom kedua juga ada Clan Castle dibelakang mereka yang sangat baik untuk membantu pertahanan. Jangan takut bila musuh mulai datang dan mendekati Dark Elixir anda karena mereka akan disambut dengan Eagle Artillery. Sesungguhnya dalam base ini lebih berfokus pada Town Hall dan meskipun musuh berhasil menghancurkannya, mereka akan sangat kesulitan masuk ke area pusat base.

Base Trophy Type 6

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 6
Base ini didesain sangat lebar dengan 4 tampungan sumber daya dikumpul berdekatan di tengah base. Jika lawan datang melalui area bagian bawah, sebagian besar unit pasukan mereka tidak akan menuju ke pusat base, sebagian besar dari mereka akan berjalan melalui sisi base. Ini akan memungkinkan bangunan pertahanan tengah anda akan fokus melenyapkan unit yang berhasil masuk ke tengah. Tidak perlu meragukan base ini karna ini akan benar-benar membuat Town Hall dan tampungan anda terlindungi. X-Bow saya posisikan berpasangan dipisah menjadi dua bagian. Anda dapat merubahnya untuk membuat mereka terpisah satu sama lain namun buatlah base ini menjadi semakin baik.

Base Trophy Type 7

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 7
Saya namakan ini base super dan sangat baik menangani pertahanan. Formasi dari bangunan pertahanan membuatnya sangat baik untuk bertahan. Mengelilingi Town Hall dengan penampung sumber daya yang sangat keras dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mereka menghancurkannya. Castle juga ditempatkan ditengah yang memungkinkan musuh sulit menggapainya. Pastikan anda meminta pasukan yang memiliki jarak tembak agar lawan berusaha menghancurkan dinding pertahanan anda. Anda tidak perlu merubah lagi bagian dari desain ini, strategi bertahan ini sudah cukup baik menangkis serangan musuh.

Base Trophy Type 8

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 8
Desain ini memiliki pintu dibagian bawah base. Jika ketika lawan mencoba datang dari bagian ini maka mereka akan berhadapan dengan Eagle Artillery meskipun itu secara tidak langsung namun kemampuan attack Eagle Artillery dari jangkauan yang sangat panjang membuat bangunan pertahanan ini menjadi pertahanan  bagus di base ini. Untuk tampungan sumber daya saya letakan pada bagian tengah dengan sedikit dipisah. Bangunan Gold dan Elixir ini akan melindungi Eagle Artillery, Dark Elixir, Castle, Inferno dan yang paling utama adalah Town Hall anda tentunya. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan lawan untuk mencoba masuk ke pusat base anda. Sangat efektif!

Base Trophy Type 9

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 9
Clan Castle di tempatkan di tengah atau tepat pada pusat base yang sangat menyulitkan lawan untuk memancing pasukan Castle anda. Saya memang sengaja meletakan Dark Elixir di sisi dekat dengan pagar bagian luar base untuk memancing musuh masuk melalui itu. Namun ketika mereka ingin mencoba datang dan mendekat bagian tengah base, pasukan castle anda akan menyerap banyak hitpoint musuh sementara mereka tetap terlindung bersama bangunan pertahanan anda. Anda dapat memindahkan Dark Elixir di tempat lain jika memang anda tidak menginginkannya berada disitu. Air Defense berdiri cukup rapat yang membuat mereka manjadi sangat efektif untuk melawan dan menangkis serangan setiap unit udara musuh.

Base Trophy Type 10

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 10
Strategi untuk base ini adalah untuk membuat pasukan musuh banyak yang mengelilngi sisi base bukannya fokus untuk menuju ke arah tengah. Meskipun ada sebagian pasukan yang menuju ke tengah base, mereka akan cepat dimusnahkan. Mereka akan lebih lama menuju dekat dengan Town Hall Anda sebab dikelilingi oleh tampungan suber daya Gold dan Elixir yang tentu saja sangat keras untuk dihancurkan dan membutuhkan waktu yang relatif lama. X-Bow diletakan terpisah untuk membuatnya sangat mungkin menjadi lebih aman dari serangan musuh dari arah mana saja. X-Bow dan Wizard Tower bertugas melindungi Archer Tower, Cannon, Mortar dan Air Defense. Susunan bangunan pertahanan ini akan saling mendukung dan membuat pola pertahanan yang kokoh. Mungkin lawan akan capat menghancurkan sisi base anda tapi mereka akan sangat sulit menembus hingga ke tengah.

Base Trophy Type 11

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 11
Base ini tergolong melebar, membuat 3 lapisan dinding pada bagian tengah atas agar memberikan perlindungan pada Eagle Artillery anda. Saya menaruh tampungan Gold, Elixir, Dark Elixir dan Town Hall di tengah sebab susunan base ini hanya memiliki satu kolom pada bagian sisi. Ini memungkinkan pasukan musuh berputar mengelilingi sisi base meskipun jika mereka menggunakan Jump Spell. Hidden Tesla bertugas melindungi Town Hall dan berlindung di belakang 2 penyimpanan sumber daya. Inferno juga akan turut membantu serangan denga meletakannya di samping Town Hall anda. Jarak antara Inferno Tower juga akan terbebas dari Freeze Spell. Ini akan membuat dorongan balasan bagi lawan.

Base Trophy Type 12

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 12
Untuk desain base ini juga tergolong kuat dan sangat penting untuk membangun pertahanan yang benar-benar sangat kuat. Tampilan base ini jika dilihat memang memiliki banyak petak kosong pada area base yang akan membuat musuh untuk sulit mendeteksi di mana lokasi ranjau yang anda letakan. Castle pun diposisikan di tengah yang membuatnya sulit untuk dipancing keluar oleh musuh. Mereka tidak akan cukup pintar menghadapi formasi ini. Mereka harus benar-benar menyerang dengan kekuatan penuh untuk mengeluarkan pasukan bantuan anda dari Castle anda. Kelemahan utama base ini terletak pada penyimpanan sumber daya anda yang mungkin akan mudah untuk dirampas namun jangan khawatirkan Town Hall anda. Pastinya untuk strategi ini, anda akan membuat pasukan musuh berputar mengelilingi sisi base anda sementara bangunan pertahanan anda akan terus menyerang mereka.

Base Trophy Type 13

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 13
Untuk desain base yang satu ini, saya menempatkan 2 X-Bow, 2 Inferno Tower, Eagle Artillery dan kedua Air Sweper berada di tengah untuk memperkuat pertahanan dari sisi manapun disekitar. Keempat jenis bangunan ini terlindung dengan penampungan sumber daya. Ini juga akan mempersulit lawan yang mencoba mendekat atau menyerang. Air Defense diletakan terpisah tapi sedikit berdekatan, ini pastinya akan sangat efektif untuk menghancurkan unit udara musuh. Bangunan pertahanan udara ini juga akan sangat terlindung oleh Air Bomb dan Air Mine. Lava Hound dengan level tinggipun pasti akan sangat mudah dilenyapkan apalagi strategi pertahanan ini dilengkapi dengan kehadiran bantuan Archer Queen. Formasi ini adalah langkah yang tepat untuk memperkuat pertahanan anda.

Base Trophy Type 14

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 14
Susunan Base ini memiliki tiga kolom dihitung dari bagian sisi termasuk musat dimana Town Hall ditempatkan. Town Hall, Castle, tampungan Dark Elixir dan Eagle Artillery berada di satu area sedangkan untuk Inferno tidak ditempatkan bersama mereka. Tentu saja ini bukan susunan base yang lemah. Lawan akan sulit mengambil sumberdaya anda dalam jumlah besar apalagi untuk mendekati Town Hall. Kombinasi pasukan yang lemah dari musuh tidak akan mendapatkan 1 bintang dari strategi pertahanan ini. Ini bisa juga disebut dengan base formasi 4 Mortar, dimana mereka ditempatkan dibagian pinggir secara terpisah yang akan membuat mereka fokus terhadap unit pendukung musuh. Raih kemenangan anda dengan sangat mudah.

Base Trophy Type 15

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 15
Dengan desain simetris, base ini penuh dengan kejutan. Musuh akan masuk melalui sudut bagian atas base, mereka akan berpikir disitulah pintu masuk yang paling baik namun mereka tidak akan menyadari hal buruknya. 4 Bomb Giant ditempatkan didepan Town Hall, Town Hall anda akan mudah memancing musuh untuk mendekatinya. Ketika diuji coba, paling tinggi musuh hanya dapat menghancurkan Town Hall namun tidk akan sempat mengambil sumber daya lainnya. Pasukan musuh akan sangat cepat terkuras hitpoinnya jika mereka mendekat. Bomb Giant akan merampas hitpoint mereka hingga menjadi sangat lemah sementara bangunan pertahanan anda terutama X-bow dan Eagle Artillery akan mempercepat kematian mereka.

Base Trophy Type 16

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 16
Jenis base yang sering dipakai pada Master, Champion dan Titan league. Base ini akan membuat pasukan musuh mengelilingi base dan tidak akan fokus menuju ke tengah / pusat. Penampung sumberdaya (Gold dan Elixir) ditempatkan di sudut lapisan dinding bagian tengah, ini akan melindungi X-Bow. Hidden Tesla, Eagle Artillery dan Castle juga berada pada bagian tengah. Bangunan pertahanan ini akan didukung oleh Inferno Tower. Kelemahan utama base ini adalah ketika menghadapi unit udara sebab Air Defense dan Air Sweeper berada dekat dengan sisi dinding bagian luar. Ini akan memungkinkan musuh dengan mudah menghancurkan bangunan pertahanan udara anda. Tapi untuk Town Hall yang tinggi, pemain sudah sangat jarang memakai unit udara sebagai strategi inti.

Base Trophy Type 17

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 17
Base ini begitu padat. Bangunan pertahanan jika dipasangkan berdekatan akan dengan cepat melenyapkan pasukan musuh, namun biasanya lemah terhadap serangan Hog Rider, tapi tidak untuk menghadapi Inferno Tower! Kunci suksesnya serangan Hog Rider jika dipasangkan dengan Healling Spell, namun kemampuan penyembuh baik yang keluar dari Troops atau dari mantra tidak akan berpengaruh dari serangan Inferno Tower yang memiliki kemampuan memblokir kemampuan penyembuhan. Castle diposisikan ditengah memungkinan musuh sulit untuk memancing keluar pasukan Castle anda kecuali jika mereka ingin menghabiskan perlahan pasukan mereka hanya untuk memancing pasukan Castle anda.

Base Trophy Type 18

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 18
Pasukan perisai seperti Golem, PEKKA dan Giant akan kesulitan menuju ke tengah. Base ini seperti membuat trowongan pendek yang telah dipasangi perangkap. Perangkap memang ditempatkan terpisah jadi hanya menimbulkan efek yang lebih kecil. Namun, itu cukup untuk mengurangi hitpoint pasukan musuh selanjutnya kekuatan serang dari X-Bow dan Mortar menjadi kunci dalam strategi pertahanan ini. Penampung Dark Elixir akan sangat aman berada di tengah dan dijaga ketat oleh Inferno Tower dan pasukan Castle anda.

Base Trophy Type 19

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 19
Base menakjubkan yang pernah ada untuk Town Hall 11 clash of clans. Susunan base ini mencoba merayu musuh untuk datang dari bagian atas menuju langsung untuk menghancurkan Town Hall anda. Strategi utama dari ini untuk membuat pasukan musuh memutari area namun jika saja taktik ini gagal, Bomb Giant akan mengatasi masalah jika pasukan musuh berhasil menembus Town Hall anda. Dukungan pertahanan dari X-Bow dan Inferno Tower sangat berpengaruh untuk membantu melenyapkan pasukan musuh. Susunannya seperti ini, jika musuh masuk dari bagian atas base yang paling dekat dengan Town Hall, kemungkinan besar pasukan mereka akan memutari base, jika mereka dapat masuk menuju ke pusat base karna dipicu oleh Hidden Tesla atau jika musuh menggunakan mantra penghancur pagar mereka akan berhadapan langsung dengan Bomb Giant, butuh waktu lama untuk pasukan pendukung musuh menghancurkan 2 penampung sumber daya dan Town Hall anda, sementara pasukan yang hanya menargetkan bangunan defensif akan terus bergerak maju yang nantinya akan dilemahkan dengan Bomb Giant, selanjutnya ke 4 X-Bow ditambah dengan kekuatan dari Inferno Tower dan Eagle Artillery akan melenyapkan mereka dengan cepat.

Base Trophy Type 20

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 20
Tampaknya banyak pemain lebih memanfaatkan base yang lebar. Dalam jenis pertahanan ini, saya meletakan bangunan inti berada di pusat atau barisan terdalam dinding. Dari masing-masing sisi dilindungi oleh penampung sumber daya Gold dan Elixir dan di antara penampung ada 1 Wizard Tower yang akan mengatasi unit hitpoint rendah dan sedang dengan kerusakan arenanya. Dominan pemain akan menyerang melalui dua sisi untuk mengarahkan pasukannya ke tengah, ini akan sangat mudah diatasi dengan susunan pertahanan ini. Untuk penampung Dark Elixir diposisikan di bagian tengah untuk mengamankannya dari pencurian. Eagle Artilleryjuga berada di tengah yang membuatnya dapat menjangkau semua pasukan musuh namun sebaliknya musuh akan sulit menghancurkannya.

Base Trophy Type 21

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 21
Ini mungkin dapat menjadi pilihan base untuk anda, dengan susunan bangunan pertahanan yang kuat, base ini memposisikan 3 Wizard Tower pada bagian bawah dan 2 lainnya di bagian atas, Bomb Giant juga menjadi bagian yang penting untuk setiap serangan. Ketika musuh mencoba masuk melalui sisi bagian bawah maka merekapun akan sangat sulit menembus pertahanan anda. Biasanya pemain akan mengutamakan Eagle Artillery sebagai target utama sebab kemampuan splash areanya sangat baik mengambil gerombolan pasukan juga memiliki jarak tembak yang sangat luas. X-Bow ditempatkan di area terpisah yang masing-masing untuk mengamankan bagian atas, bawah, kiri, dan kanan base. Tidak ada kesempatan besar untuk musuh memenangkan pertarungan ketika mereka menyerang. Kelemahan pertahanan ini mungkin akan membuat penampung Dark Elixir anda rentan dicuri.

Base Trophy Type 22

Susunan Formasi Pertahanan Base Hybrid Untuk TH 11 COC Update Terbaru 22
Base ini terbilang unik dan musuh juga akan kesulitan menghadapi bangunan pertahanan anda. Penampung sumber daya Gold dan Elixir diletakan terpisah. Anda dapat memindahkan posisi penampung Dark Elixir di tempat yang lebih aman, misalnya untuk digantikan dengan Castle atau salah satu Hero anda. Town Hall dijaga ketat oleh Inferno Tower, Air Defense juga diletakan pada tempat yang sangat strategis. Hal ini sangat membuat musuh kembali berpikir dari mana mereka akan memulai serangan. Jika mereka masuk dari bagian sudut maka akan jelas terlihat mereka tidak akan sampai ke area Town Hall anda, dan akan lebih buruk lagi jika mereka mencoba membagi serangan untuk masuk melalui 2 jalur berbeda.

War Base
Base War Type 1

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 1
Jika ingin sukses menjaga Town Hall beserta tampungan sumber daya anda maka base ini dapat menjadi pilihan bijak. Pertahanan ini juga sangat efektif untuk unit udara seperti Lava Hound dan Dragon sebab penempatan Air Defense yang strategis dapat menumpas mereka semua dengan cepat. Eagle Artillery di letakan bersampingan dengan Town Hall, membuatnya benar-benar aman dari setiap serangan musuh. Langkah ini dapat menjadi maskot yang besar yang memberikan keamanan tingkat tinggi. Dari mana musuh akan mulai menyerang? Dari manapun mereka masuk, akan sangat menyulitkan mereka menembus pertahanan anda. Beberapa bangunan pertahanan seperti Wizard Tower di tempatkan di luar dinding untuk menetralkan setiap serangan yang datang.

Base War Type 2

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 2
Kesulitan menjaga penampung Dark elixir anda bukanlah satu-satunya pilihan. Gunakan base ini untuk benar-benar mengamankannya dari pencurian. Jika musuh mencoba masuk dari area yang paling dekat dengan Town Hall anda maka mereka akan mendapatkan masalah. Mereka akan masuk melalui jalur dimana pasukan yang hanya dapat menargetkan bangunan pertahanan akan meninggalkan unit pendukungnya. Di kesempatan inilah yang menjadi langkah terbaik anda. Bangunan pertahanan anda akan menghabisi unit perisai sebelum pasukan pendukung mulai masuk menyerbu base anda.

Base War Type 3

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 3
Banyak pemain mengalami kesulitan ketika berada di liga yang lebih tinggi. Sangat rentan mengalami masalah pertahanan tapi tidak setelah mereka menggunakan base ini. Lihat bagaimana penampung sumber daya anda melindungi Town Hall dan Eagle Artillery anda. Inferno Tower bersama Hidden Tesla juga dapat membantu pertahanan dengan menyerang musuh dari dalam. Ini akan membuat kombinasi pertahanan yang sangat kuat dan efektif.

Base War Type 4

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 4
Menyerang dan bertahan, itulah yang selalu di alamai dari setiap pemain Clash Of Clans, menyusun strategi yang bukan serangnan asal-asalan tentu dapat menuntun pemain mendapatkan kemenangan, lalu bagaimana dengan pertahanan anda? Desain formasi pertahanan ini dapat menuntun anda juga untuk kemenangan. Penampung sumber daya diletakan terpisah yang dapat memastikan lawan tidak bisa berharap lebih untuk mencuri Gold, Elixir dan Dark Elixir apalagi untuk menyentuh Town Hall anda. Cobalah membuat rekan satu Clan anda terkesan dengan pertahanan base anda yang kuat. Anda bisa merubah posisi X-Bow dengan menempatkannya di luar dari dinding area pusat base.

Base War Type 5

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 5
Kesialan musuh yang mencoba menyerang anda mungkin akan ditemui di base ini. Pertahanan yang sangat kuat mampu membuat anda tetap bertahan di league yang anda duduki. Untuk formasi base War, posisi dari bangunan defence ini tidak perlu anda ragukan. Town Hall akan memancing lawan anda agar tergiur mendekatinya, biasanya pemain akan mulai menyerang dari sisi yang paling dekat dengan Town Hall, dan disitulah kesempatan anda mendapatkan kemenangan. Lihatlah bagaimana Bomb Giant anda berperan sangat penting untuk pertahanan ini. Gerombolan Bomb Giant ini akan mampu melumpuhkan atau setidaknya mengurangi banyak hitpoint musuh. Kelompok Vallkyrie yang mencoba masuk akan menderita dengan ledakannya. Pastinya kemenangan akan selalu menjadi milik anda.

Base War Type 6

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 6
Base ini juga sangat sulit ditembus. Bangunan sumber daya adalaha pertahanan utama untuk X-Bow dan sulit bagi musuh untuk mendapatkan cela untuk masuk menembus bagian tengah base anda. Base ini memanfaatkan strategi yang bisa membuat banyak pasukan musuh memutari sisi area. Hampir semua bangunan masuk di dalam dinding base, ini bermaksud untuk memadatkan area agar musuh menjadi lebih lama dalam menyerang, mreka harus menghancurkan satu persatu bangunan apapun dedipen mereka, sementara itu menjadi kesempatan besar bagi bangunan pertahanan anda untuk memiliki waktu yang lebih besar menghancurkan mereka.

Base War Type 7

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 7
Susunan base pertahanan ini sungguh patut anda coba. Saya jamin kemenangan anda, coba anda pikirkan dari mana musuh akan membuat serangan? mereka tidak akan mendapatkan kemenangan jika tergiur dan masuk dari sisi yang paling dekat denga Town Hall dan dari sisi manapun di base ini, mereka akan sangat sulit untuk menyerang. Town Hall dijaga oleh Hidden Tesla bersama Bomb Giant dibelakangnya. Dapatkah musuh menembus pertahanan anda? Saya yakin mereka hanya akan membuang banyak waktu menghadapi base ini. Bomb Giant akan menyerap banyak hitpoint musuh terutama untuk Golem dan jika Golem telah dilumpuhkan, untuk apa sisa pasukan lainnya? Jika mereka hanya mengandalkan Valkyrie itu akan membuat mereka menderita dan pulang dengan tangan kosong.

Base War Type 8

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 8
Jika anda sering sekali mengalami hal buruk untuk desai base, sekarang tidak lagi! Gunakan formasi dari base ini untuk tetap mempertahankan Village anda. X-Bow, Eagle Artillery dan Inferno Tower adalah pertahanan terkuat yang akan mendukung bangunan defensif lainnya dari dalam. Ini merupakan kombinasi pertahanan yang briliant. Tidak ada satupun bangunan defensif pada kolom kedua dari base ini.Dengan begitu pasukan musuh pastinya hanya akan menikmati tour mereka dengan mengelilingi base anda. Mereka akan membutuhkan strategi yang matang untuk bisa menembus Town Hall anda, dan hanya akan ada sedikit kemungkinan untuk itu. Jika ada sebagian pasukan musuh yang berhasil masuk kedalam maka pasukan Castle anda akan membantu menghabisi mereka.

Base War Type 9

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 9
Base ini dapat menjadi tulang punggung anda untuk mencapai segala hal. Membuat penampung sumber daya anda terlindungi juga tetap mengamankan Town Hall 11 anda. Coba tebak, bagaimana formasi ini dapat bekerja dengan maksimal? Bomb Giant ditempatkan disamping Inferno Tower untuk tetap menjaganya dari kehancuran meskipun tidak berada tepat pada busat base. X-Bow dengan posisi terpisah juga adalah kesempatan anda menghabisi semua paukan lawan yang menyerang, biarkan mereka maju dan anda hanya perlu menontonnya.

Base War Type 10

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 10
Base klasik ini masih akan sangat berguna untuk Town Hall 11, jangan di anggap remeh. Lapisan formasi ini akan selalu mencegat pasukan musuh yang datang, baik pertahanan darat dan udara keduanya sangat efektif. Jangan juga khawatirkan sunber daya anda sebab musuh tidak akan bisa mengambil semuanya. Bangunan ini juga berfungsi sebagai pertahanan jika musuh mencoba menembus hingga ke bagian tengah. Jika dulunya anda mungkin kesulitan menggunakan base ini, maka sekarang tidak lagi karena sudah di desain sedemikian rupa dari versi sebelumnya. Eagle Artillery akan mengambil peranan penting dalam setian event, Archer Queen dan Barbarian King yang adalah Hero terkuat juga akan membantu menangkis serangan musuh.

Base War Type 11

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 11
Bicara tentang desain base, keindahan yang dilihat dari mata bukanlah hal yang penting, asalkan base dengan tingkat pertahanan tinggi itu sudah cukup dan base ini mungkin dapat menemani anda kapanpun. Bangunan sumber daya akan melindungi Wizard Tower anda di sisi kiri dan kanan. Mereka juga akan dibantu aleh bangunan pertahanan anda yang berada di tengah. Bagaimana untuk menangkis serangan udara? Air Defense dan Air Sweper diletakan di bagian dalam atau pada pusat base, membuat mereka akan sangat sulit dijangkau oleh Balloon atau Lava Hound. Air Bomb dan Bomb Mine juga akan menemani mereka. Penempatan Spring Traps dan Bomb Giant juga cukup strategis, dimana mereka akan bekerja menangkis setiap serangan terutama untuk Hog Rider.

Base War Type 12

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 12
Jika anda sedang mencari pertahanan yang mampu melindungi Town Hall anda, amaka saya juga merekomendasikan base ini. Town Hall diposisikan tepat berada di tengah, dilindungi oleh Eagle Artillery dari bagian bawah dan Castle pada bagian atas, keduanya akan menciptakan karya terbaik sepanjang masa. Eagle Artillery memungkinkan menjangkau pasukan musuh dari jarak yang sangat jauh dan itulah kehebatan besarnya. Tampungan sumber daya pun menjadi penghalang musuh pada bagian atas dan bawah. Bangunan ini sangat keras, jadi musuh tampaknya haru fokus dari satu sisi ketika menyerang. Air Defense mereka sedikit merapat di bagian tengah, tidak akan mungkin musuh berani menyerang dengan unit udara mereka, lagipula itu dilindungi oleh Grand Warden dan Archer Queen yang dapat fokus menyerang unit udara.

Base War Type 13

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 13
Desain base ini membentuk seperti suatu terowongan dari bagian sisi ke sisi yang satunya. Ini merupakan strategi yang unik tapi juga sangat kuat. Lihat bagaimana penempatan sumber daya yang akan melindungi Eagle Artillery anda, sebalingnya di sisi atas saya menempatkan 5 Wizard Tower sekaligus yang dibantu oleh Bomb Giant dan 2 Mortar. Dengan kerusakan splash area mereka, ini akan mampu melemahkan pasukan perisai darat dari musuh, namun jika mereka menyerang dari samping, itu akan membuat pasukan mereka berputar. X-Bow juga di tempatkan di tengah yang membuat formasi ini saling memberikan dukungan per kelompok. 3 Hero sekaligus berdiri disamping Town Hall, apalagi yang bisa diharapkan musuh? mereka pasti akan berpikir kembali sbelum menyerang base anda.

Base War Type 14

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 14
Ini akan menjadi ide yang sangat baik untuk mempertahankan base anda. Memanfaatkan ruang yang sempit untuk menjebak dan menekan pasukan musuh, mereka akan sangat kesulitan untuk bergerak, apalagi jika hanya mengandalkan unit perisai seperti Golem dan Giant. Musuh akan membutuhkan spell penghancur atau setidaknya membawa Jump Spell, namun itu akan menguras kesempatan mereka. Padatnya bangunan pertahanan yang saling berdekatan akan melenyapkan setiap pasukan musuh dengan sangat cepat, dan saya merekomendasikan Dragon dan Balloon sebagai pasukan Castle karna serangan mereka yang mematikan. Mereka juga memiliki kemampuan kerusakan arena yang tinggi, dan itu cukup untuk menghabisi gerombolan pasukan sebelum akhirnya mereka dibunuh. Posisi Air Defense juga sangat baik, mereka akan aman karena dipasangkan dekat dengan Inferno Tower.

Base War Type 15

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 15
Mungkinkan anda sedang meunggu base yang satu ini? base ini di desain khusus dengan kekuatan tempur yang tinggi. Tampungan sumber daya dimaksudkan untuk melindungi sisi base, Wizard Tower juga diletakan terpisah dan berdiri di antara Air Defense, kedua bangunan ini akan saling mendukung melawan unit udara, Wizard Tower yang memiliki damage sedang akan mudah dihancurkan jika tidak ada bangunan pertahanan sebagai dukungan meskipun mereka berkemampuan splash area. Pilihan yang tepat untuk itu adalah menempatkannya dekat dengan Air Defense sehingga mereka akan saling menutupi kelemahannya masing-masing. Kedua Inferno Tower meskipun berada di tengah namun jaraknya sudah ditentukan untuk menghindari sebuah Freeze Spell yang akan mengenai mereka sekaligus sehingga musuh harus memilih satu diantara mereka. Eagle Artillery juga akan membantu mematahkan serangan musuh dari sisi manapun pada base.

Base War Type 16

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 16
Memanfaatka base yang sangat lebar dapat meningkatkan pertahanan anda. Tidak ada satupun bangunan yang terlihat diluar dinding, semua dimasukan kedalam, ini akan memaksa musuh menghancurkan setiap bangunan secara berurutan dimulai dari sisi dimana mereka masuk. Musuh mungkin akan langsung mengincar Town Hall anda dengan meletakan pasukannya dari sisi yang paling dekat dengan Town Hall. Strategi itu hanya akan sia-sia dan membawa mereka pada pengorbanan pasukan. Dengan pertahanan ini anda akan membuat musuh membuang banyak waktu mereka sebab harus menghancurkan bangunan apapun didepan mereka, jika mereka membuat kesalahan maka pasukan mereka akan mengelilingi sisi base. Penempatan Eagle Artillery dan Castle di base ini juga strategis, hingga membuat musuh sulit untuk memilih dari mana mereka akan masuk.

Base War Type 17

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 17
Base ini juga termasuk memiliki pertahanan yang padat, setidaknya akan ada 5-6 unit bangunan defensif yang menyerang musuh secara bersamaan ketika musuh mendekat. Dengan begitu, pasukan musuh akan dengan cepat dilenyapkan, ini juga akan membatasi ruang gerak mereka. Base War ini mungkin bukan yang terbaik, tapi dapat menjadi salahsatu yang terbaik untuk anda gandeng dalam pertarungan apapun kecuali untuk tipe Hybrid, desain ini tidak cocok sebab tampungan sumber daya berada disisi bagian luar. Town Hall anda tepat berada di tengah yang akan membuatnya sangat terlindung. Mungkin kelemahannya terletak pada Eagle Artillery yang mudah untuk di ambil musuh tapi anggaplah itu sebagai strategi untuk memancing musuh. Kemungkinan terbesar musuh akan masuk dari sisi ini, dan pasukan mereka akan sangat mudah dihancurkan.

Base War Type 18

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 18
Anda akan menemukan bagian yang penting setelah mencoba base ini. Menurut anda, bagaimana musuh dapat mendekati Town Hall anda? itu akan menjadi kesempatan yang sangat kecil, sebab X-Bow anda siap melakukan tugas mereka. Tingkat keamanan susunan base ini terbilang cukup baik dan sangat jarang musuh bisa mendapatkan 2 bintang untuk melawannya. Eagle Artillery anda dilindungi oleh Bomb Giant, dan jika musuh menembus dari sisi ini maka mereka akan terkena dampaknya. Itu akan mengambil banyak hitpoint pasukan musuh bahkan untuk pasukan perisai sekalipun. Posisi 4 Mortar juga bukan hanya akan membawa keberuntungan untuk anda, tapi kombinasi mereka mampu untuk merebut kemenangan di setiap pertarungan.

Base War Type 19

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 19
Hanya sedikit bangunan yang berada di luar dinding, desain base ini dapat membarikan anda keuntungan besar dan melangkah lebih baik dari musuh yang menyerang. Kombinasi segitiga antara Eagle Artillery dan Inferno Tower membuat penjagaan menjadi sangat ketat. Memancing musuh dengan meletakan 1 buah X-Bow di depan sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka sudah dijebak. Anda dapat meletakan Bomb tepat di belakang X-Bow untuk mencegah Wallbreaker jika lawan memilikinya. Ketika lawan melakukan kesalahan, itu akan menimbulkan hal yang fatal, mereka tidak akan dapat mendekati Town Hall anda, nikmatilah kemenangan anda dengan desain base ini.

Base War Type 20

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 20
Dibuat khusus hanya untuk War, jika musuh masuk dari bagian atas, maka mereka akan menemui kesalahan, jika masuk dari bagian bawah, mereka akan kesulitan sebab are akan terasa lebih besar, seranganpun akan memancar. Saya memasukan Archer Tower di bagian tengah untuk membantu pertahanan, Castle yang sulit dipancing keluar karena diletakan di tengah akan membuat musuh kehabisan pasukan jika dipaksa. Archer Queen dan Barbarian King juga akan membantu pasukan yang keluar dari Castle anda, mereka sangat dekat untuk bersama-sama melenyapkan pasukan musuh.

Base War Type 21

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 21
Town Hall diletakan dekat dengan sisi bagian luar, itu hanya pancingan saja. Jika musuh memaksa masuk, itu akan berdampah besar bagi unit pendukung mereka sebab yang akan masuk di area yang dipenuhi Bomb Giant hanyalah unit seperti Wizard, Walkyrie, P.E.K.K.A atau paling memungkinkan adalah unit petarung jarak dekat. 1 X-Bow diletakan di tengah untuk melindungi area sekitar termasuk Town Hall. Eagle Artillery tidak mudah untuk dicapai, dia sangat aman jika selalu berada disitu. Posisi penampung sumber daya juga diletakan sangat baik, bangunan ini diletakan menyebar, ini akan mampu meningkatkan pertahanan dari setiap sisi. Kelemahan saat ini adalah Castle yang dekat dengan sisi bagian pinggir, sama dengan posisi Town Hall. Ini mungkin akan mudah bagi musuh untuk memancing isi Castle anda keluar. Pindahkan itu jika anda tidak suka dia ditempatkan di situ.

Base War Type 22

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 22
Apakah anda mengetahui keajaiban dari base ini? jika belum, pelajarilah sekarang dengan membuatnya menjadi base War pilihan anda. Wizard Tower di letakan 1 di bagian atas, dan dibelakangnya ada 4 tampungan Elixir, bangunan ini sangat kuat, musuh akan lebih lama menghancurkannya. Jika etelah mereka berhasil masuk dari bagian atas, unit perisai yang hanya menargetkan bangunan defensif akan mengarah ke kiri dan kanan, disinilah kita akan memberi jebakan Bomb Giant untuk pasukan pendukung musuh yang bergerak lurus ke arah Town Hall. Setelah unit pendukung musuh diatasi, kini unit perisai mereka bukan lagi menjadi ancaman besar, anda hanya perlu waktu untuk menunggu dan menonton mereka hingga semuanya dilenyapkan. Jadilah pemenang pertarungan War Clash Royale terbaik dengan desai ini.

Base War Type 23

Susuna Formasi Pertahanan Base War TH 11 Terbaik dan Terkuat 23
Masih dapat dikatakan sebagai base klasik tapi dengan sedikit perubahan yang telah dioptimalkan. Posisi bangunan sumber daya ditempatkan terpisah, selain untuk memanfaatkannya sebagai pertahanan yang keras, juga membantu mengamankannya dari pencurian. Inferno Tower yang posisinya sangat sistematis akan membuatnya efektif melenyapkan unit musuh yang mendekat. Air Defense juga turut mrngambil bagian untuk mengamankan base dari unit udara musuh. Strategi ini akan memberika pelajaran yang besar bagi musuh jika masih ingin menyerang markas anda. Desain ini juga mendukung fitur 4 Mortar, dengan splash areanya cukup untuk mengurangi hitpoint musuh.
Update: Karena adanya pembaruan COC yang menambahkan unit defensif baru (Bomb Tower), maka kami telah melakukan re-desain yang bisa anda lihat di sini.. Desain Base Pertahanan TH 11 COC Update Bomb Tower Terbaru 2017
Silahkan lakukan pengeditan jika desain base belum sesuai dengan strategi anda sebab setiap pemain COC memiliki insting yang berbeda bukan? namun tetaplah memperhatikan penempatan Traps. Saya pikir cukup untuk desain formasi ini dan akan segera di update setelah ada pembaruan yang signifikan dari Supercell. Itulah susunan base Hybrid, Trophy dan War untuk memperkuat pertahanan TH 11.

Previous
Next Post »