Cara Mempercepat Loading BBM di Smartphone Android

Cara mempercepat loading BBM di Smartphone Android. Telegram, dimana seseorang dapat mengirimkan pesan berupa teks, dokumen, gambar dan lain sebagainya dari jarak yang jauh melalui komunikasi jaringan internet. Di era yang sekarang telegram semakin berkembang dengan bentuk dan rupa yang berbeda-beda, salasatu contoh adalah BBM (Blackberry Messengger). Menggunakan aplikasi chat BBM memungkinkan para pengguna menikmati fitur-fitur menarik seperti melakukan pengiriman foto atau dokumen namun dengan batasan yang diperbolehkan.

Cara mempercepat loading aplikasi bbm di smartphone android

Begitulah persaingan didunia digital, setiap vendor merancang produk dengan kemampuan yang canggih untuk berkompetisi memperebutkan hati orang banyak dengan fitur-fitur yang cukup memuaskan. Di bidang perkantoran, aplikasi pengirim pesan jarak jauh seperti BBM ini sangat dibutuhkan begitu juga bagi kaum pelajar. Dengan menggunakan BBM di smartphone Android, tugas dan pekerjaan akan jadi lebih ringan, cepat dan tanpa halangan, kecuali anda kehilangan koneksi internet. Aplikasi BBM tentunya membutuhkan koneksi internet agar dia dapat bekerja, namun dengan koneksi internet saja tidak cukup membuatnya bekerja maksimal di perangkat smartphone Android kesayangan anda.

Cara Mempercepat Loading BBM di Smartphone Android

Seperti yang kita ketahui, kecepatan internet di indonesia sangat lambat dan bahkan lebih lambat dari banyak negara-negara lain, entah apa yang dipikirkan PT. Telkom, yang jelas itu bukan urusan saya. Android adalah perangkat mobile smartphone yang dapat menjalankan aplikasi BBM ini, namun begitulah adanya karena setiap vendor berbeda-beda, harga berbeda-beda, maka berbeda-beda juga spesifikasi yang ditawarkan. Apakah ini berhubungan? tentu saja berhubungan. Setiap aplikasi membutuhkan spesifikasi perangkat yang sesuai dengannya agar dapat berjalan normal. Anda tidak mungkin menginstal versi BBM yang sekarang pada perangkat Android gingerbread. Itu adalah contoh yang mendasar, sebab meskipun aplikasi BBM terpasang di smartphone android tapi belum tentu dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Jika anda pengguna BBM, anda pasti tahu betul penyakit-penyakit apa saja yang membuat anda tidak merasa nyaman. Disini kita bicara tentang loading BBM yang lambat hingga anda mungkin merasa kesal dan mencari jawabanya di internet. Permasalahanpun terjadi ketika anda melakukan stransfer data namun karena permasalahan loading sehingga file yang dikirim melalui BBM pun tertunda atau bahkan gagal berulang-ulang atau setiap kali menunggu loading BBM anda seperti menunggu hujan di padang gurun, jika begitu coba periksa sisa kuota data anda, mungkin saja telah habis.

Permasalahan loading pada BBM dapat terjadi karena beberapa faktor; tidak sepenuhnya mendukung spesifikasi smartphone Android, smartphone yang kekurangan RAM, permasalahan jaringan dan sebagainya, namun dari sekian banyak permasalahan tentu masih dapat diatasi jadi jangan buru-buru membeli smartphone baru sebelum melakukan cara mempercepat loading BBM.

Umumnya loading BBM melambat atau lemot disebabkan oleh faktor-faktor yang saya sebutkan diatas, jadi masalah ini terjadi bukan hanya pada aplikasi BBM saja tapi masalah pada smartphone android juga dapat berpengaruh pada setiap semua aplikasi yang berada didalamnya termasuk BBM. Disamping itu, permasalahan koneksi jaringan juga berpotensi memperlambat loading BBM. Dibawah ini saya membagi cara mempercepat loading BBM ini pada 3 kategori umum tersebut sehingga kita memerlukan klarifikasi sebelum menentukan apa penyebab lambatnya BBM anda.

Performa Smartphone Android Mempengaruhi Loading BBM

Kemampuan kinerja dari smartphone android dapat dilihat dari spesifikasinya. Untuk itu sebelum melakukan pemasangan / penginstalan aplikasi anda seharusnya mengetahui dengan saksama pada spesifikasi perangkat apa aplikasi itu dapat berjalan normal. "Memeriksa Versi dan RAM pada Perangkat Android" Setiap vendor aplikasi menyertakan rincian spesifikasi smartphone yang diperlukan aplikasi tersebut; Versi Android dan RAM adalah faktor utama yang dapat mendukung pemasangan aplikasi dan RAM menjadi faktor yang paling sering terjadi. Anda dapat mengecek versi android dengan cara; Masuk ke Pengaturan Android >> gulir kebawah hingga menemukan menu Tentang Perangkat, lalu klik. Untuk mengecek kapasitas RAM; Masuk ke Pengaturan >> Manajer Aplikasi >> gulir ke kanan hingga menemukan kapasitas RAM.

Mengecek versi dan performa Android untuk mempercepat proses loading aplikasi BBM
Gambar menunjukan versi dan kapasitas RAM tersisa.

Gambar di atas menunjukan kapasitas RAM yang tersisa, 58 MB berarti beberapa aplikasi tidak akan berjalan normal (lambat loading) disebabkan minimnya RAM yang tersisa. Untuk mendapatkan perfoma yang baik, sisa RAM setidaknya harus berkisar di atas 150 MB. Jika begitu, aplikasi yang kehilangan perfoma bukan hanya BBM saja, tapi juga mempengaruhi aplikasi lainnya. Yang harus anda lakukan adalah mengurangi / mencopot aplikasi yang kurang penting untuk mempercepat performa smartphone android anda, jika tidak selamanya BBM anda akan lambat. Pada Manajer Aplikasi di atas, gulir kekiri >> pilih aplikasi untuk dicopot dari pemasangan.

Masalah Pada Koneksi Internet Memperlambat Loading BBM

Uji kembali kecepatan internet anda, apakah layak digunakan atau tidak. Ini memang permasalahan yang kadang terjadi, namun jangan di anggap remeh. Setiap operator jaringan memberi akses kenyamanan internet yang berbeda, termasuk kecepatan koneksi. Jika anda terbiasa membeli paket internet coba cek kembali kecepatan yang diberikan untuk akses internet dan cek apakah jangkauan paket yang anda beli tersedia di wilayah anda saat ini.

Cara Mempercapat Loading BBM Langsung Di Aplikasinya

Selanjutnya kita akan mempercepat loading BBM langsung dari aplikasinya. Jika permasalahan disebabkan oleh aplikasi, anda perlu melakukan beberapa cara dibawah ini. Mungkin ini dapat membantu anda mengatasi masalah loading BBM. Dengan meminimalkan fungsi fitur pada BBM itu akan mempercepat perfomanya, contohnya ketika anda tidak mencentang "Tampilkan Gambar Tampilan Dalam Obrolan" itu berarti anda menonaktifkan thumnail gambar agar tidak tampil pada ruang chat, sehingga mengurangi beban ketika loading data berlangsung.

Mengurangi Fitur BBM Yang Kurang Dibutuhkan
Lakukan langkah-langkah di bawah ini, cara ini untuk mengurangi beban di BBM anda.
  • Buka BBM, Masuk ke menu Setelan.
  • Lakukan setingan seperti yang terlihat pada gambar dibawah.
  • Lewati menu pilihan yang tidak berada pada BBM anda.
Meminimalisir Fitur Pada BBM Untuk Meningkatkan Kecepatan Loading
Meminimalisir Fungsi BBM

Mengganti Versi BBM Dengan Versi Yang Lebih Lawas
Jika semua langkah di atas tidak membuahkan hasil, anda mungkin perlu mengganti versi BBM anda dengan versi yang lebih lama. Ukuran pada BBM versi lawas jauh lebih kecil dari versi yang sekarang, sehingga itu dapat membantu mempercepat loading. Berbedaan yang signifikan yang membuat BBM menjadi lemot disebabkan oleh iklan yang berada pada Umpan BBM.

Itulah cara mempercepat loading BBM di Smartphone Android yang dapat saya informasikan dan semoga dapat membantu anda mengatasi BBM yang lemot / Lambat.

Previous
Next Post »