Update 2017: Desain Base Clash Of Clans TH 3 - TH 11

Kumpulan desai formasi base pertahanan terbaik di coc lengkap
Desain Base TH 3 - TH 11 COC

Update Desain Base Clash Of Clans Dan Analisis Jenis Base

Baru-baru ini Supercell telah mengupdate pembaruan terbaru untuk Clash Of Clans di bulan mei 2016 ini, setelah menambahkan beberapa konsep seperti Trops, Spell, Defence dan mengubah sebagian tampilan kini saatnya untuk update desain base COC TH 3 - TH 11 pilihan terbaru dan terbaik, karena memang sudah cukup banyak perubahan termasuk jumlah item defence apalagi setelah adanya tambahan TH 11. Tentu anda akan kebingungan dengan desain base yang tidak kompleks, yang akhirnya membuat pertahanan desa anda menjadi lemah dan tidak produktif lagi.

Baca Juga:

Analisis Jenis Dan Perbedaan Base Clash Of Clans

Sebelum saya melanjutkan, sebaiknya saya memberi sedikit deskripsi bagi kalian yang mungkin baru tergabung dalam permainan Clash Of Clans. Mungkin beberapa dari anda pernah mendengar istilah-istilah asing yang tidak ramah anda lihat atau anda dengar. Berhubung player COC semakin bertambah jadi saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis base yang ada dalam sejarah Clash Of Clans. Base COC dibagi dalam 4 kategori dengan fungsi yang berbeda;

War Bases

Base War digunakan untuk duel antar Clan, sebisanya anda harus membela nama baik Clan dengan membuat desain base yang benar-benar kokoh untuk setiap serangan. Jenis base ini dominan melindungi Town Hall dengan menempatkannya pada bagian tengah. Ada juga yang menaruh Town Hall sedikit kepinggir berharap musuh hanya dapat merengkuh satu bintang dari hasil menghancurkan Town Hall tersebut dengan cara menjebak, mengelabui dan memanipulasi posisi Town Hall agar musuh terkecoh karena biasanya musuh yang teledor lebih menargetkan Town Hall dari pada memikirkan strategi yang lebih efektif.

Trophy Bases

Trophy Bases adalah formasi base yang lebih mementingkan posisi Town Hall dari pada melindungi tampungan gold dan elixir. Jenis base ini mirip seperti War Base namun digunakan untuk mode Multiplayer bukannya War. Tropy bases ini lebih bertujuan untuk melindungi piala anda ketika sedang mengejar atau mempertahankan posisi pada suatu League, di bawah ini adalah tingkatan-tingkatan level Trophies League untuk setiap step dari yang terendah hingga Up Level;
  • Bronze
  • Silver
  • Gold
  • Crystal
  • Master
  • Champion
  • Titan

Hybrid Bases

Base jenis ini bertujuan melindungi Town Hall bersamaan dengan penampung gold dan elixir, dengan kata lain selain tetap menjaga piala, anda juga tidak ingin kehilangan harta anda. Untuk TH 8 kebawah sebaiknya bermain pada Silver League jika anda tidak ingin mengambil resiko untuk menggunakan Hybrid Bases.

Farming Bases

Yang terakhir adalah Farming Base. Base ini hanya untuk melindungi penyimpanan harta anda dengan menaruh Town Hall pada bagian luar atau di bagian luar Wall. Fungsi lainnya jika anda menaruh posisi TH berada di luar itu akan mengurangi Trophy dan mendapatkan Shield dengan cepat, sayangnya sejak Supercell memberikan pembaruan pada akhir tahun 2015 base farming sudah kadang ditemui karena Shield tidak lagi didapatkan hanya dengan menghancurkan Town Hall saja, selain itu Town Hall juga telah menjadi penyimpanan utama jadi rugi rasanya menaruh Town Hall di luar.

Setelah Membahas beberapa jenis base di atas setidaknya bagi kalian yang baru memainkan Clash Of Clans dapat lebih teliti memilih base yang tepat dan efektif sebagai dasar srategi bertahan yang kokoh. Dibawah ini adalah susunan base clash of clans terbaru dari TH 3 hingga TH 11.

Untuk menghindari loading halaman yang lambat, saya membagi setiap kategori Base secara terpisah. Silahkan pilih kategori base yang sesuai. Desain formasi base ini telah di uji dengan level lawan yang setara dan mengurangi persentase kekalahan.

Desain Base Pilihan Terbaru Dan Terbaik

Klik link tautan pada masing-masing kategori pilihan base COC. Anda akan di arahkan pada link base COC sesuai pilihan anda, di sana saya menempatkan hanya tiga jenis desain base perahanan diantaranya; Hibrid, Trophy dan War. Setiap desain telah di uji dengan level yang setara dan cukup efektif terutama untuk pertahanan War. Dari masing-masing base, anda akan melihat gambar dengan sangat jelas dan di edit langsung dari aplikasi COC tanpa emulator yang terkadang membuat bingung dengan posisi-posisinya.
    Membangun sebuah pola serangan memang tidak bisa di bilang enteng namun juga tidak serumit yang anda pikirkan, hanya saja terkadang kita tidak dapat memprediksikan dengan lebih efektif bagaimana, dari mana dan dengan apa musuh akan datang.

    Itulah Susunan formasi pertahanan TH 3 - TH 11 di Clash Of Clans update terbaru yang tentu bisa membantu anda mengatasi permasalahan Defence.
    Good Luck!

    Previous
    Next Post »